Informasi tentang Dunia Digital dan juga perkembanganya,tak hanya aplikasi saja tetapi internet media sosial juga ada disini. jika anda mencari laptop yang update kami juga menyediakanya dan sosmed juga ada.

Langkah Sederhana Optimalkan Ram Di Komputer

Assalamualaikum Wr. Wb.

Random Access Memory atau lebih umum disebut RAM mungkin sudah Sobat kenal semenjak pertermuan pertama Sobat dengan PC. RAM merupakan sebuah memory utama yang dipakai untuk melaksanakan penyimpanan sementara ketika komputer dalam keadaan hidup. Fungsi adanya perangkat ini tidak lain yaitu sebagai pendukung bagi processor untuk melakukkan segala proses komputing. Kecepatan dan kapasitas RAM mempunyai korelasi yang bersahabat dengan kinerja komputer.

Mungkin sebelumnya Sobat pernah mengalami, RAM Sobat sudah tidak mengecewakan besar namun kinerja dari perangkat komputer masih belum memenuhi keinginan. Mungkin Sobat perlu melaksanakan beberapa meningkatkan secara optimal pada RAM. Saya telah melaksanakan beberapa langkah sederhana yang ternyata bisa meningkatkan proses kinerja RAM pada perangkat Sobat.

Gunakan Task Manager

Salah satu cara yang cukup simple yaitu dengan memakai Task Manager yang ada pada sistem operasi di perangkat computer Sobat. Lewat Task Manager Sobat sanggup memantau seluruh kegiatan maupun proses yang berjalan pada perangkat komputer Sobat. Selain itu, hampir keseluruhan dari sistem operasi baik windows maupun unix bisa melaksanakan sorting dari urutan penggunaan RAM terbesar sampai yang terkecil.
Untuk melaksanakan Akses pada Task Manager setiap sistem operasi mempunyai cara berbeda. Misalnya saja untuk Windows 7, Sobat sanggup mengakses Task Manager melaui klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager. Maka Sobat akan mendapat window yang menampilkan monitor keseluruhan proses. Sedangkan jikalau Sobat penggunaa Linux, semakin banyak cara yang sanggup Sobat terapkan sesuai dengan lingkungan desktop yang Sobat gunakan.

Disable startup apps

Langkah ini merupakan langkah Advance setelah Sobat memantau seluruh proses yang berjalan pada komputer Sobat. Aplikasi start up merupakan seluruh aktivitas yang otomatis akan dijalankan ketika komputer dihidupkan. Semakin banyak aktivitas yang di jalankan, tentunya proses juga akan makin berat.

Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah disable aplikasi startup. Jika Sobat pengguna Windows 8 Sobat sanggup melakukannya pada tab start up pada task manager, atau melalui msconfig jikalau Sobat pengguna windows 7. Jika Sobat pengguna linux, Sobat bisa melihat keseluruhan start up melalui terminal dengan cara :

1. sudo –i
2. cd/etc/xdg/autostart
3. sudo sed –in-place’s/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g’ *.desktop

Namun Sobat harus hati hati ketika melaksanakan disable start up pada Linux, alasannya terkadang aplikasi yang ada bekerjasama eksklusif dengan sistem operasi tersebut.

Aplikasi pihak ketiga.

Pilihan aplikasi ini dipakai tidak lain untuk mempercepat kinerja RAM, namun Aplikasi yang harus Sobat gunakan juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Misalkan saja pada beberapa Antivirus yang sekaligus dipakai untuk tweak, namun Sobat melaksanakan install aplikasi lagi untuk melaksanakan booster.

Saat ini untuk aplikasi pihak ketiga, penulis memakai CCleaner pada Windows sedangkan pada Linux (Ubuntu) memakai Ubuntu Tweak. Pilihan ini bukanlah yang terbaik, dan Sobat bisa menentukan selain dari keduanya.

Demikian artikel kali ini saya bagikan, mungkin akan membantu kecepatan proses RAM Sobat secara sewajarnya, bukan untuk melakukan overclock ataupun yang lainnya. Jika mungkin Sobat merasa perangkat komputer masih belum terlalu baik Ada baiknya Sobat melaksanakan penambahan ataupun penggantian RAM.

Semoga Bermanfaat (^_^)
Share:

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

 
close
Banner iklan   disini